-->

Mengenal Tabulampot Lengkap Dengan Manfaat Dan Tujuannya

Kekurangan lahan sekarang sudah tidak menjadi permasalahan dalam menyalurkan hobi tanam menanam, khususnya bagi mereka yang kreatif, telaten, dan inovatif dalam memaksimalkan yang ada menjadi kegiatan yang bermanfaat, terlebih kegiatan ini bisa menjadikan pemasukan tambahan biarpun tidak begitu banyak. Yah kegiatan ini sering kita dengar dengan menanam tabulampot, sedangkan pengertian tabulampot lengkap bisa kita pahami sebagai berikut.

Apa yang dimaksud tabulampot.?
Pengertian tabulampot bisa kita pahami sebagai kata akronim (singkatan) yang menggambarkan suatu aktifitas tanam menanam buah yang dilakukan pada media pot, sebenarnya tidak harus dengan media pot saja kita menanam tabulampot, kalau pot kan identik kita harus mengeluarkan biaya untuk membelinya, tapi seperti yang saya jelaskan di paragraf pertama, bagi mereka yang lebih kreatif, inovatif, dan telaten maka mereka akan memaksimalkan limbah yang bisa dimanfaatkan sebagi media menanam di tabulampot dan tentunya akan sangat mengurangi biaya yang kita keluarkan dan menanam atau budidaya tabulampot. Terus apa tujuan tabulampot.? banyak diantara mereka yang hobi berkebun tabulampot memiliki tujuan masing-masing dan ini juga bisa menjadi manfaat tabulampot yang bisa anda ketahui, kalau bisa kita simpulkan antara lain :
"tabulampot","pengertian tabulampot","tanaman tabulampot"
  • Akan lebih mudah dalam merawat tanaman buah kesayangan anda, sehingga tanaman buah anda bisa lebih produktif dengan intensitas perawatan tanaman buah dalam pot yang bisa lebih maksimal.
  • Mempercantik halaman anda dengan tanaman buah dalam pot, hal ini tentu saja akan membuat siapa saja yang bermain ke tempat anda akan tertarik bahkan menginginkan setelah melihat tanaman buah dalam pot yang anda miliki berbuah banyak dan tanaman terlihat cantik saat dipandang.
  • Membuat tantangan baru, tanaman buah sangat identik dengan tanaman yang membutuhkan lahan yang luas, akan tetapi anda mencoba dengan seluruh pengetahuan anda yang anda miliki tentang tanam menanam buah untuk diterapkan pada media yang lebih sempit.
  • Memanfaatkan lahan sempit agar bisa lebih produktif.
Itulah kesimpulan saya dari tujuan tabulampot beserta manfaat tabulampot yang akan kita peroleh jika kita mau mencoba tabulampot pada halaman rumah anda, akan tetapi tabulampot juga tidak semudah yang anda fikirkan, karena anda harus lebih mengenal karakteristik tanaman buah yang ingin anda tanam dengan metode tabulampot. Tabulampot juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentunya perlu anda ketahui sebelum mencobanya di rumah. Kelebihan tabulampot dan kekurangan tabulampot saja jelaskan seperti berikut ini :

Kelebihan Tabulampot
  • Anda dapat memaksimalkan lahan yang sempit untuk menyalurkan hobi dalam budidaya tanaman buah.
  • Perawatan lebih terjamin, perawatan pada tabulampot diantaranya anda bisa lebih maksimal dalam pemenuhan nutrisi atau pemupukan tanaman, serangan hama dan penyakit lebih mudah anda kontrol, kebutuhan air tanaman bisa tercukupi karena tanaman mudah kita pantau perkembangan tanamannya, pemangkasan cabang tanaman untuk mendapatkan vigor tanaman yang baik menjadi lebih mudah.
  • Bisa dinikmati dari hasil panennya baik untuk buah yang dikonsumsi sendiri atau menjadi pendapatan tambahan dari hasil buah yang anda jual.
Kekurangan Tabulampot
  • Tidak semua tanaman buah bisa kita jadikan tabulampot, karena kita tahu bahwa setiap tanaman buah mempunyai karakteristik masing - masing.
  • Produksinya tidak setinggi tanaman buah yang kita tanam di lahan.
  • Mempunyai keterbatasan pada pertumbuhan perakaran tanaman.
Jadi itulah garis besarnya jika anda ingin mengetahui tabulampot sebelum anda mencobanya, jika anda mau mencoba tabulampot di rumah maka anda juga harus mempersiakan alat dan bahan tabulampot, dan mengetahui juga kira-kira tanaman tabulampot yang bisa anda coba di halaman rumah anda, sedangkan untuk cara menanam tabulampot garis besarnya sama seperti menanam tanaman buah di lahan, anda hanya memindahkan bibit tanaman pada media tanam tabulampot. Untuk lebih jelasnya saya uraikan seperti di bawah ini :
"manfaat tabulampot","tujuan tabulampot","kekurangan tabulampot"
Jenis Tanaman Tabulampot
Garis besarnya kalau anda sudah bisa mengenal berbagai macam karakteristik tanaman buah, maka anda bisa mencoba menanam dengan teknik tabulampot, akan tetapi jika anda belum bisa mengenal banyak maka anda bsa mencoba dengan jenis tanaman tabulampot sebagai berikut.
  • Tanaman buah tin.
  • Tanaman buah jambu (baik biji maupun jambu air).
  • Tanaman Buah Mangga.
  • Buah belimbing.
  • Buah jeruk.
  • Buah naga.
  • Buah sawo.
  • Buah kelengkeng.
Jenis tanaman di atas hanya sebagai contoh saja, ketika anda sudah menguasai ilmu tentang pertanian, saya pikir masih banyak tanaman buah yang bisa anda jadi tanaman tabulampot maka anda juga akan menanyakan dari mana asal bibit tabulampot.? kalau anda bisa mebuat bibit tabulampot sendiri maka anda hanya perlu membeli atau membuat benih tanaman yang ingin anda tanam, akan tetapi jika anda mempunyai keterbatasan maka anda tinggal membeli bibit tanaman tabulampot di toko - toko bibit tanaman di tempat anda. Setelah anda menentukan jenis tanaman tabulampot maka hal lain yang perlu anda siapkan adalah alat dan bahan tabulampot, berikut ini beberapa alat dan bahan yang perlu anda siapkan dalam budidaya tabulampot, untuk bahan saya pikir lebih kepada media tanam tabulampot.

Alat dan Bahan Tabulampot
Alat
Pot (tidak harus pot, anda juga bisa memanfaatkan drum bekas, ember bekas, atau memanfaatkan limbah plastik yang mempunyai ukuran besar untuk menampung media tanam tabulampot).

Bahan atau Media Tanam Tabulampot
  • Tanah.
  • Arang sekam.
  • Pupuk Organik.

Pada tabulampot anda juga harus mengetahui teknik pemangkasan tabulampot, agar tanaman anda bisa seimbang dengan media tanam tabulampot yang terbatas, agar nantinya tanaman anda tidak miring dang jatuh. Cara pemangkasan pada tabulampot yang bisa anda lakukan adalah dengan memangkas ranting pohon yang mati atau memangkas ranting untuk mendapatkan keseimbangan pohon. Hal ini perlu anda lakukan agar tanaman anda bisa tetap terjaga baik posisi ataupun penyebaran penyakit tabulampot.

Bagaimana tertari untu mencoba tabulampot.? silahkan anda berkreasi sendiri dengan tanaman apa yang ingin dijadikan tabulampot sebagai penghias halaman rumah anda, kunci sukses agar anda berhasil adalah TOP (telaten, open, dan Panen), dan dengan banyaknya pengalaman yang anda dapatkan setalah membuat tabulampot itu akan menjadikan anda lebih menguasai tambulampot, dan bisa saja menjadikan pemasukan baru untuk anda yang tentunya dengan kerja keras yang di tambah dengan kerja cerdas dan mebuat itu menjadi kemungkinan yang besar untuk anda dalam mencapai kesuksesan tabulampot.

Oke sekian yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada kata atau kalimat yang kurang berkenan bagi para pembaca, semoga sedikit tulisan tentang mengenal tabulampot lengkap dengan manfaat dan tujuannya bisa bermanfaat untuk anda, dan saya persilahkan jika anda mau berbagi tulisan saya yang singkat ini.
Facebook CommentsShowHide

0 comments