-->

Mengenal Jenis-Jenis Hama Dan Penyakit Tanaman Padi

Untuk memperoleh kesuksesan dalam budidaya tanaman tidak lepas dari kesuksesan pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan itu juga berlaku pada budidaya tanaman padi. Di negara kita padi merupakan komoditi yang sangat penting untuk dibudidayakan, karena padi merupakan salah satu bahan makanan pokok untuk masyarakat di indonesia, makanya tanaman padi dibudidayakan dengan skala yang sangat luas di negara kita. Dan dari sinilah kita selalu dihadapkan dengan permasalahan hama dan penyakit tanaman padi yang begitu pesat dan cepat penyebarannya, dan tuntunya anda harus selalu mengetahui pengendalian hama penyakit tanaman padi.

Hama dan penyakit pada tanaman padi ada sangat banyak, maka diperlukan pengetahuan petani untuk bisa mengenal jenis-jenis hama dan penyakit pada tanaman padi sawah agar para petani bisa mengidentifikasi hama penyakit tanaman padi sawah yang dibudidayakannya dan bisa menerapkan pengendalian secara tepat, cepat, dan akurat, dengan mengetahui hama dan penyakit tanaman padiserta pengendaliaanya diharapkan para petani bisa sukses budidaya tanaman padi dengan hasil dan kualitas hasil panen yang selalu meningkat. Berikut ini jenis-jenis hama dan penyakit tanaman padi serta pengendaliannya yang perlu anda ketahui.
"hama penyakit tanaman padi","hama dan penyakit tanaman padi","hama dan penyakit tanaman padi serta pengendaliannya"
Mengenal jenis-jenis hama dan penyakit tanaman padi
Jenis Hama Pada Tanaman Padi dan pengendaliannya
Hama tikus pada tanaman padi
Tikus akan menyerang tanaman padi dari mulai masih menjadi padi hingga tanaman memasuki masa pengisian bulir padi, dengan perkembangbiakannya yang sangat cepat dari sepasang tikus maka kerusakan yang ditimbulkan akan sangat fatal, pada kondisi terparah serangan hama tikus bisa mengakibatkan tanaman padi gagal panen, salah satu cara yang paling efektif dalam mengendalikan hama tikus adalah dengan memanfaatkan musuh alaminya, dan itu sudah saya buktikan dan berhasil.

Hama pengerak batang tanaman padi
Pada daerah tertentu hama pengerak batang tanaman padi biasanya dikenal dengan sundep dan beluk, sundep biasanya menyerang tanaman padi pada masa vegetatif sedangkang sundep menyerang tanaman padi pada masa generatif. Untuk pengendaliaanya anda bisa menggunakan pengendalian cara mekanik, pengendalian dengan menggunakan agensia hayati, dan menggunakan insektisida, untuk lebih jelasnya silahkan anda baca cara mengendalikan hama pengerak batang pada tanaman padi.

Hama keong mas pada tanaman padi
Hama keong mas menyerang tanaman padi pada masa vegetatif dan itu dimulai dari masa pembibitan, tapi jangan pernah anda sepelekan kerusakan yang ditimbulkan dari hama keong mas, dengan perkembangbiakannya yang sangat cepat maka jika terjadi serangan hama keong mas bisa mengakibatkan penurunan produksi tanaman padi, untuk pengendalian anda bisa menggunakan cara mekanik yang dimulai dengan mengambil telur dan keong mas pada area budidaya anda, atau anda membuat parit kecil yang ukurannya lebih dalam kemuadian anda bisa menaruh daun pisang atau daun pepaya sebelum area budidaya tanaman padi anda di keringkan, dengan adanya parit yang berisi air dan dedaunan diharapkan keong mas akan berkumpul di parit yang anda buat sehingga memudahkan anda dalam pengambilan.

Hama wereng pada tanaman padi
Hama wereng yang menyerang pada tanaman padi dilaporkan sudah ada banyak jenisnya, diantarnya wereng coklat (Nilaparvata lugens ), wereng puti (Sogatella furcifera), dan wereng hijau (Nephotettix impicticep), hama wereng akan menyerang dengan cara menghisap cairan yang ada pada tanaman padi dan hama wereng juga dapat menularkan virup kepada tanaman, dari serangan ini tanaman padi bisa menjadi kering seperti terbakar, atau pertumbuhannya menjadi kerdil, jika terjadi serangan dan tidak bisa dikendalikan maka anda bisa membakar tanaman yang diharapkan pada penanaman berikutnya bisa terminimalisir serangannya, dan anda juga bisa menggunakan agensia hayati seperti Beauveria Bassiana dalam mengendalikan hama wereng pada tanaman padi anda.

Hama walang sangit pada tanaman padi
Hama walang sangit akan menyerang pada waktu tanaman padi sudah memasuki fase masak susu, hama ini akan menyerang pada bulir padi dang menghisap cairan sehingga bisa mengakibatkan padi yang dihasilkan hampa, berkerut, berwarna coklat dan rasanya kurang enak dengan serangan parah hasil panen padi akan menjadi jelek dan menurunkan produktifitas hasil panen.

Itulah hama yang sering sekali menyerang tanaman padi, jadi setelah anda mengetahui ke depannya anda bisa lebih tepat, cepat, dan akurat dalam mengendalikan hama pada tanaman padi, jadi diharapkan andabisa sukses dalam mengendalikan hama pada tanaman padi dan bisa meningkatkan produktifitas hasil panen tanaman padi anda. Setelah mengetahui hama sekarang giliran anda mengenal jenis penyakit pada tanaman padi serta pengendaliannya, berikut ulasannya.
"pengendalian hama penyakit tanaman padi","hama dan penyakit pada tanaman dan cara pengendaliannya","hama dan penyakit tanaman padi sawah"
Jenis penyakit pada tanaman padi
Penyakit blas pada tanaman padi
Sebelumnya saya sudah menjelaskan penyebab, gejala serangan, dan cara pengendalian penyakit blas pada tanaman padi secara lengkap, jadi anda tinggal membacanya saja tulisan saya tentang caramengendalikan penyakit blas pada tanaman padi. Jadi kita bisa langsung melanjutkan jenis penyakit yang lain yang menyerang tanaman padi.

Penyakit kresek pada tanaman padi
Penyakit kresek pada tanaman padi disebabkan oleh tanaman padi yang terserang bakteri Xanthomonas campestris pv oryzae, bakteri ini akan menyerang tanaman padi pada daun dan titik tumbuh, anda bisa mengenalinya dengan adanya garis-garis diantara tulang daun, bisa juga dengan adanya garis melepuh yang berisi cairan kehitam-hitaman, kemudian daun mengering dan bisa mengakibatkan kematian pada tanaman padi. Pengendaliannya anda bisa menggunakan varietas tanaman padi unggul yang tahan dengan serangan penyakit kresek, dan anda bisa menjaga sanitasi lingkungan, atau dengan menggunakan pola tanam yang mempunyai sirkulasi udara yang lebih baik, seperti tanam legowo, dan bisa juga dengan menerapkan pengendalian hayati.

Penyakit tungro (virus tungro)
Penyakit tungro (Virus tungro) pada tanaman padi dikarenakan tanaman terinfeksi oleh hama wereng yang menyerang, seperti yang sudah saya jelaskan di atas serangan hama wereng bisa mengakibatkan tanaman padi terserang virus setelah tanaman tehisap oleh hama wereng, anda bisa mengidentifikasi serangan penyakit tungro dengan melihat tanaman kerdil, anakan berkurang, daun menguning dari pucuk sampai ke batang, malai kecil, tidak keluar sempurna, padi hampa, dan masih banyak lagi jadi nanti saya bahas tersendiri tentang penyakit tungro, jadi kita bisamelanjutkan kepenyakit lain yang menyerang tanaman padi.

Penyakit bercak daun pada tanaman padi
Penyakit bercak daun disebabkan oleh serangan jamur Helmintosporium oryzae, jamur ini menyerang tanaman padi dari biji yang baru kecambah, pelepah daun, malai, dan buah yang baru tumbuh, serangan jamur ini mempunya gejala diantaranya biji padi biji busuk saat berkecambah, dan kemudian mati, tanaman padi dewasa busuk dan kering, dan biji bercak-bercak tetapi tetap berisi. Pengendaliannya anda bisa mencegah saat perendaman benih dengan air hangat kemudian setelah air dingin anda bisa ditambahkan dengan agensia hayati untuk meminimalisir terjadi serangan penyakit bercak daun.

Penyakit busuk pelepah daun
Penyakit busuk pelepah daun pada tanaman padi disebabkan oleh serangan jamur Rhizoctonia sp, jamur ini menyerang daun, pelepah daun yang sudah membentuk anakan tanaman padi, hal ini akan akan mengakibatkan penurunan jumlah produksi dan kualitas hasil panen tanaman padi. Pengendaliannya anda bisa menanam tanaman padi yang tahan terhadap serangan penyakit busuk pelepah daun, dan anda juga bisa menggunakan pengendalian hayati.

Itulah penyakit yang sering menyerang pada tanaman padi, setelah anda mengenal dan mengetahuinya diharapkan kedepannya anda tidak lagi dipusingkan dengan masalah hama dan penyakit tanaman padi dan pengendaliannya. Tetapi secara garis besar ketika anda bisa menjaga ekosistem alam, budidaya padi tidak begitu sulit, yang terpenting anda mau tlaten, open, dan terakhir anda mendapatkan hasil panen pola TOP pada budidaya tanaman sangat dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada budidaya tanaman padi dari pengalaman saya dengan bermain dengan pengendalian hayati yang terus menerus bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, entah itu peningkatan produksi maupun kualitas produksi, dan yang paling penting anda bisa melepas ketergantungan pestisida kimia, biarpun dengan konsep seperti ini anda harus bisa lebih sabar dan terus menerus dalam penerapannya, karena tidak seinstan hasil yang akan anda peroleh, akan tetapi jangka panjang yang menjadi lebih baik, dan satu lagi dibiasakan mensuplai bahan organik pada lahan pertanian anda.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang mengenal jenis-jenis hama dan penyakit pada tanaman padi dan cara pengendaliannya, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sudah mengunjungi tulisan saya yang singkat ini, dan jangan lupa share untuk pengetahuan petani yang lainnya. Dan terakhir terimakasih untuk seluruh petani yang ada di negara Indonesia tercinta, salam hangat dari saya (yang sama-sama lagi belajar dan menikmati aktifitas sebagai petani).
Facebook CommentsShowHide

1 comments:

trimakasih sangat membantu saya..

Balas