-->

Cara Membuat Pupuk Organik Sederhana Sendiri Dengan Mudah

Kesadaran petani akan pentingnya kebutuhan pupuk organik di lahan pertanian membuat penggunaan pupuk organik menjadi terus meningkat hal ini berimbas kepada kebutuhan pupuk organik di pasar semakin tinggi dan mungkin bisa menjadi usaha untuk anda. Jika anda tertarik membuat pupuk organik sendiri sebenarnya mudah, untuk bahannya juga mudah untuk kita dapatkan, karena semua unsur bahan organik bisa dijadikan pupuk organik, entah itu anda mau membuat pupuk organik dari kotoran kambing, membuat pupuk organik dari sampah rumah tangga, sampah pasar, atau anda ingin pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk organik, di sini intinya semua bahan organik bisa anda jadikan menjadi pupuk organik.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan tips tentang cara membuat pupuk organik padat yang saya pikir sangat mudah untuk anda terapkan di rumah anda, dalam hal ini bahan yang akan kita gunakan untuk cara membuat pupuk organik dari kotoran kambing dan kotoran sapi sebagai bahan utamanya, untuk pemilihan mikroba pengurai saya menggunakan mikroba pengurai aerob, atau anda bisa menggunakan mikroba anaerob sebagai decomposernya, perbedaannya hanya kepada kemudahan saja, jika aerob anda tidak perlu menutup media yang akan difermentasi oleh mikroba pengurai, sedengan anaerob anda perlu menutup media fermentasinya. Oke tidak perlu panjang lebar kita langsung saja bahas cara membuat pupuk organik padat dari kotan sapi dan kotoran kambing.

Bahan
  • 1 ton  Kotoran sapi
  • 500 kg kotoran kambing
  • 50-75 kg bekatul (dedak halus)
  • 50 kg kapur pertanian
  • 100 kg arang sekam (bisa diberikan ataupun tidak)
  • Mikroba pengurai (trichoderma sp, streptomyces sp, dan geobacillus sp) yang sudah dibiakan sebanyak 20 liter dan bisa di encerkan lagi menjadi 200 liter.
  • Cacahan bonggol pisang, limbah sayur pasar atau limbah hijauan yang sudah dicacah, dan kulit telor yang sudah dihaluskan (ini hanya tambahan saja jadi anda tidak wajib untuk menambahkannya).
Alat
  • Sekop
  • Cangkul
  • Sarung tangan (kondisional tergantung kenyamanan anda)
Cara membuat pupuk organik padat dari kotoran sapi dan kotoran kambing
  • Siapkan tempat untuk pembuatan pupuk organik padat dengan kriteria jauh dari perumahan dan tidak terkena matahari langsung.
  • Siapkan mikroba pengurai dari yang 20 liter menjadi 200 liter.
  • Buat lapisan pertama, kotoran sapi, kotoran kambing, dedak, kapur petanian, arang sekam setebal 25 cm yang kemudian di siram dengan mikroba pengurai.
  • Buat lapisan ke 2 dan seterusnya denga komposisi yang sama sambai bahan pembuatan pupuk organik habis.
  • Pada hari ke 3 anda bisa melakukan pengolahan dan pembalikan bahan organik agar tercampur merata, kegiatan ini bisa anda lakukan setiap 3 hari sekali sampai pada hari ke 12 atau anda melakukan pembalikan atau pengolahan sebanyak 4x dalam proses pembuatan pupuk organik.
  • Lakukan penyiraman ketika anda menemukan bahan organik kering.
  • pada hari ke 14 biasanya bahan organik sudah menjadi pupuk organik dengan catatan bahan organik bahan organik sudah berubah warna menjadi lebih hitam dan suhu media sudah tidak terasa panas saat anda pegang, jika sudah memenuhi syarat maka pupuk organik sudah siap anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan budidaya anda.
"pupuk organik","cara membuat pupuk organik","cara membuat pupuk organik padat sederhana sendiri"
Bagaimana.? mudah kan cara membuat pupuk organik sendiri, dan sebenarnya pupuk organik yang anda buat sendiri biasanya mempunyai kondisi yang lebih baik dengan pupuk organik yang ada di pasaran yang pembuatannya hanya mementingkan banyaknya produksi yang dihasilkan, maka setelah anda tau cara membuat pupuk organik padat sendiri entah itu bahannya dari apa saja yang pentingnya bahan yang ingin anda gunakan bisa di urai atau bahan organik baik dari limbah sayur yang ada di pasar, limbah sayur rumah tangga, limbah pertanian, atau limbah peternakan. Pada penerapan di lapangan anda bisa dengan menggabungkan penggunaan pupuk organik cair, dan penggunaan pupuk hayati, dan jika anda ingin budidaya yang tidak menggunakan pestisida kimia maka anda bisa menggunakan pestisida hayati atau pestisida organik, karena saya sudah pernah mempraktekannya pada budidaya tanaman padi dengan tidak menggunakan pestisida kimia, dan hasilnya lebih baik dari sebelumnya.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang cara membuat pupuk organik padat dari kotoran kambing dan kotoran sapi, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk anda yang ingin membuat pupuk organik sendiri di rumah, dan silahkan di share informasi ini kepada teman anda yang lain agar tulisan ini bisa lebih bermanfaat, dan terakhir apabila ada salah kata mohon dimaafkan, dan terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya yang singkat ini tentang cara membuat pupuk organik padat sederhana, akan tetapi hasilnya bisa waawww jika anda rutin menerapkannya di lahan budidaya anda.
Facebook CommentsShowHide

0 comments