-->

Tray Semay atau Pot Tray, Mengetahui Harga, Keuntungan, dan Kekurangannya

Pembibitan merupakan salah satu proses yang harus kita kerjakan jika kita ingin melakukan aktifitas budidaya tanaman. Dalam proses menanam tanaman sebenarnya ada 2 cara yang bisa kita lakukan diantaranya ditanam secara langsung dengan benih dimasukan ke lubang tanam yang ada di lahan atau melalui pembibitan terlebih dahulu sebelum pindah tanam ke lahan. Dari ke 2 cara ini tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun pada pembahasan kali ini kita akan fokus dalam pembibitan dengan menggunakan pot tray/tray semay/tray pembibitan sebagai alat bantu dalam proses pembibitan tanaman, baik untuk usaha budidaya sayuran seperti menanam cabe, menanam tomat, menanam sawi, atau budidaya tanaman buah seperti pepaya, labu madu, dan ini juga bisa diterapkan pada metode budidaya konvensional maupun budidaya tanaman dengan menggunakan sistem hidroponik.


Dalam pembibitan tanaman yang umum, mungkin kita sering melihat di lapangan adalah penggunaan polybag/pot kecil dan pot tray/tray semai sebagai tempat pembibitan awal sebelum tanaman dipindahkan ke lahan maupun pada pot/polybag dengan ukuran yang besar (jika menanam dengan menggunakan pot/polybag). Penggunaan polybag merupakan cara yang sering saya lakukan sebelum mengenal cara pembibitan yang ternyata lebih praktis, yaitu dengan menggunakan tray semay/pot tray. Dalam menggunakan alat ini tentu saja mempunyai kekurangan dan kelebihan tray semai/pot tray. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman kepada anda beberapa keuntungan menggunakan pot tray sebagai media pembibitan tanaman yang saya dapatkan dengan menggunakan alat bantu ini, beberapa keuntungan yang saya dapatkan diantaranya :

"jual tray semai atau pot tray murah","jual tray semai atau pot tray type 200","jual tray semai atau pot tray type 128"
Keuntungan menggunakan tray semai/pot tray pada pembibitan tanaman
  • Tray semai yang kita beli bisa di pakai untuk persemaian bibit secara berulang ulang ( Tahan Lama ), hal ini berbanding terbalik dengan penggunaan polybag yang sekali pakai.
  • Waktu yang saya butuhkan lebih cepat, karena sangat mudah dan bisa dikerjakan secara cepat dalam mengisi media pembibitan.
  • Tidak memakan media semai yang banyak, dalam hal ini pupuk organik maupun campuran tanah dengan pupuk organik.
  • Yang lebih penting dapat menekan ongkos tenaga kerja jika anda membuat bibit tanaman dengan skala yang banyak dan membutuhkan tenaga kerja tambahan.
  • Pembibitan dengan menggunakan tray semai/pot tray, anda akan lebih mudah dalam pemeliharaan, sebab bibit tanaman lebih tertata rapi dan teratur pada tempat yang sudah anda siapkan sebagai tempat pembibitan.
  • Mudah dalam pengangkutan, anda bisa membayangkan sendiri jika dalam 1 lembar pot tray berisi 200 lubang, dan bandingkan dengan anda membawa bibit yang menggunakan polybag. Tentu anda akan sangat dimudahkan dengan menggunakan pot tray, para pekerja yang menanam pun diberi kemudahan yang lebih.
  • Tray semai menghasilkan benih tanaman yang lebih sehat, kokoh dan kuat vigornya sehingga mengurangi resiko mati saat pindah tanam.
  • Saat pemindahan bibit ke lahan, teanaga kerja akan dimudah sehingga bisa bekerja secara cepat, dan yang paling penting adalah menekan tingkat kerusakan tanaman yang lebih kecil dengan penggunaan tray semai sebagai alat bantu atau sebagai alat pendukung dalam persemaian bibit dalam pembibitan tanaman.
Dan masih banyak kemanfaatan yang saya dapatkan ketika menggunakan cara ini, namun penggunaan pot tray/tray semai juga memiliki kekurangan, terlebih jika modal usaha budidaya tanaman kita belum begitu besar atau modal yang cukup saja. Karena dalam penggunaan pot tray/tray semai, kita akan membutuhkan dana yang lumayan di awal saat kita membeli pot tray ini, namun anda bisa menyiapkannya terlebih dahulu, jika dananya sudah terkumpul maka anda bisa membeli pot tray ini, inilah kekurangan pot tray/tray semai yang saya peroleh saat memulainya, akan tetapi sangat setimpal dengan apa yang saya dapatkan setelah memilikinya. Pot tray/tray semai juga sangat bagus untuk investasi atau kelengkapan peralatan pertanian yang kita miliki di rumah.
"jual tray semai atau pot tray type 72","jual tray semai atau pot tray type 42","jual tray pembibitan murah"
Nah, setelah kita mengetahui kelebihan dan kekurangan tray semai/pot tray, maka kita akan membahas informasi berikutnya baik tentang model, tipe pot tray/tray semai dan tentu saja harga tray semai/pot tray. Pot tray yang beredar di lapangan memiliki beberapa model, diantaranya model tray semai bulat diameternya/berbentuk tabung, untuk model lainnya yang umum adalah model kotak, sedangkang tipe yang bisa anda pilih, diantaranya tipe 48, 72, 98, 100, 105, 128, 200 dan 288. Tipe ini mempunyai maksud, dalam 1 pcs/lembar pot tray memiliki lubang tanam sesuai dengan tipenya, misalnya tipe 128, berarti dalam 1 lembar pot tray memiliki 128 lubang tanam. Sedangkan dari bentuk lubang tanamnya ada yang berbentuk kotak dan ada yang berbentuk tabung. Sedangkan untuk masalah harga sangat variatif dari setiap tipe nya, namun selisih harga yang ditawarkan sangat sedikit, seperti contoh harga pot tray type 288 memiliki harga sekitar 27rb/lembar, untuk tray semai type 200 sekitar 25rb, sedangkan pot tray type 128 sekitar 23rb, jadi selisih harga antar type tray semai sekitar 1-2rb saja, sedangkan selisih lubangnya sangat banyak atau sekitar 72 - 88 lubang.

Yang perlu anda ketahui juga sebelum menggunaan tray semai adalah tujuan awal dalam pembibitan, apakah anda menginginkan penyemaian sekaligus pembibitan atau hanya bertujuan sebagai tempat penyemaian awal. Karena dengan dimensi tray semai yang sama yaitu sekitar P x L = 54cm x 28cm dan dimensi lubang untuk type 200 sekitar T x LA x LB = 4,2cm x 2,3cm x 1 cm dan type 288 lubang memiliki dimensi sekitar T x LA x LB = 4,2cm x 1,9cm x 0,8cm, maka 2 type ini sangat cocok digunakan untuk persemaian awal saja, sedangkan untuk persemaian sekaligus pembibitan maka anda bisa menggunakan type yang memiliki lubang lebih sedikit dari type 200 dan 288 lubang, namun jika anda tetap ingin menggunakan type yang memiliki lubang banyak untuk penyemaian sekaligus pembibitan, maka saya sarankan agar usia tanaman/bibit pada tray semai jangan terlalu lama untuk pindah tanam (baik di lahan, pot besar, maupun polybag basar).

Itulah beberapa informasi yang bisa saya sampaikan kepada anda khususnya yang sedang mencari tray semai/pot tray untuk usaha budidaya tanamannya di rumah atau bagi anda yang sedang merintis usaha pembibitan tanaman. Sedangkan bagi anda yang ingin membelinya kemudian bingun mencari tempat yang jual pot tray, maka anda bisa menghubungi no 085742407542, jadi silahkan hubungi saja no tersebut untuk menanyakan berapa harganya dan mekanisme pembeliannya sampai pengirimannya. Sedikit saran dari saya jika anda ingin membeli pot tray dari banyaknya type lubang, maka anda bisa memilih type 128, 200, dan type 288 lubang. Akan tetapi jika saya disuruh memilih dari ke 2 type tersebut, ya saya memilih yang type 288 untuk persemaian awal saja, dan type 128 lubang digunakan untuk persemaian sekaligus pembibitan (cabe, tomat, dan sayuran lainnya), memang kalau dilihat dari segi harga, tray semai type 288 lubang mungkin terlihat lebih murah, namun untuk penggunaan dengan dimensi yang kecil membuat fungsinya lebih terbatas.

Nah, bagi anda anda yang membutuhkan pot tray/tray semai, beberapa paket yang bisa anda pilih diantaranya :

Promo tray semai sampai akhir bulan agustus 2017 dan selama stok masih tersedia..
  • Paket tray semai bulat tipe 100 isi 18 pcs = 270rb
  • Paket tray semai bulat tipe 38 isi 18 pcs = 270rb.
  • Paket tray semai kotak tipe 32 isi 18 pcs = 270rb.
  • Paket tray semai kotak tipe 50 isi 18 pcs = 270rb.
  • Paket tray semai kotak tipe 72 isi 20 pcs = 300rb.
  • Paket tray semai kotak tipe 105 isi 11 pcs = 175rb.
  • Paket tray semai kotak tipe 128 isi 7 pcs = 120rb.
  • Paket tray semai kotak tipe 288 isi 7 pcs = 120rb.
Paket tersebut merupakan paket maksimal untuk ongkir yang dihitung 1kg (isi paket menyesuaikan berat tiap lembar tray semai, semakin banyak jumlah dalam isi paket menandakan berat per lembar tray semai ringan/tipis), jika lebih dari jumlah tersebut akan dihitung 2kg, contohnya anda membeli 11 atau 13 pcs tray semai tipe 288, maka ongkir yang dikenakan adalah 2kg, selisihnya memang sedikit namun untuk ongkirnya akan dikenakan lebih banyak. Maka dari itu paket tersebut bisa lebih memudahkan dan menekan ongkir dengan menerapkan batas maksimum pengiriman. Untuk tipe yang lainnya mungkin bulan depan barangnya baru datang, jadi bisa menunggu atau memilih paket yang ada.

Silahkan kontak saja no hp tersebut jika anda berminat untuk memesan dan membelinya atau sebatas tanya jawab tentang tray semai. Nah, jika sudah ada transaksi kemudian sudah diproses sampai pengiriman, maka pemesan/pembeli akan diberikan no resi jasa pengiriman yang bisa di lacak posisi barang yang dibelinya, untuk pelacakan barang yang dibeli, anda juga bisa menggunakan fasilitas pelacakan pengiriman pada bagian samping bawah web yang sudah disediakan, dan saya juga meminta tolong kepada anda yang sudah memesan dan menerima pesanan tray semai untuk mengkonfirmasi dan memberikan ulasan pada artikel ini pada kolom komentar.


Demikian pembahasan mengenai pembibitan menggunakan tray semai/pot tray, semoga informasi yang sudah saya sampaikan bisa bermanfaat bagi anda para pembaca, dan jika tulisan ini bermanfaat, maka anda bisa berbagi dengan teman yang lainnya. Oke, sampai berjumpa lagi pada pembahasan selanjutnya, nah, jika menurut anda tulisan saya menarik, anda juga bisa mendapatkan tulisan-tulisan saya terbaru dengan memasukan email anda pada kolom yang sudah disediakan, nantinya anda akan diberi pemberitahuan jika saya menulis artikel terbaru secara otomatis ke email anda, jadi anda bisa langsung membacanya lewat email yang anda miliki. Dan terakhir, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya yang singkat ini.. ☺
This Is The Newest Post
Facebook CommentsShowHide

0 comments