-->

Cara Mudah Menaikan Dan Menurunkan pH Air

Nilai pH air pada beberapa aktifitas budidaya menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh setiap pelaku usaha budidaya, dan ini juga berlaku kepada mereka yang memiliki hobi dengan penggunaan air, seperti mereka yang suka memelihara ikan hias, budidaya perikanan, dan budidaya pertanian dalam hal ini adalah budidaya tanaman hidroponik ataupun aquaponik, dan tentu saja masih banyak lagi aktifitas lainnya yang masih berhubungan dengan nilai pH air yang akan digunakan untuk mencapai kesuksesan dari apa yang mereka kerjakan. Sebelum kita membahas tentang cara mudah menaikan dan menurunkan pH air, alangkah baiknya kita sedikit mengenal apa itu pH dan bagaimana perannya untuk kegiatan budidaya. Oke langsung saja kita sedikit mengupas tentang pengertian pH.

Apa itu pH ?
pH adalah kepanjangan dari pangkat hidrogen atau power of hydrogen yaitu merupakan tingkatan asam basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 s/d 14. Pada air murni dapat dinyatakan sebagai larutan netral, dalam suhu 25 derajat Celcius memiliki pH 7, sedangkan jika larutan memilik pH di atas 7,0 maka bisa digolongan larutan basa sedangkan jika larutan memiliki nilai pH di bawah 7,0 maka larutan tersebut bisa digolongkan sebagai larutan asam. Pada suatu kasus nilai tinggi atau rendahnya pH air itu sangat dipengaruhi oleh kandungan mineral lain yang terdapat dalam air. Pengaruh nilai pH terhadap air adalah sangat besar, untuk para pecinta atau penghobi tanaman hidroponik mungkin sudah tau peran dari nilai pH air yang mereka gunakan atau mau digunakan untuk menanam tanaman hidroponik, karena untuk budidaya tanaman hidroponik nilai pH untuk tanaman berbeda, biarpun ada sebagian tanaman menginginkan nilai pH sama. Selain pada budidaya tanaman hidroponik nilai pH air juga sangat berpengaruh kepada mereka yang memiliki hobi ikan hias, bagi mereka ketika memelihara ikan hias yang di tempatkan di dalam kolam ataupun aquarium, kualitas air harus selalu dijaga kualitas agar ikan hias yang mereka pelihara dapat hidup dengan baik. Nilai pH air pada aquarium sangat mudah naik, hal ini dikarenakan air mudah tercampur dengan mineral dan kotoran yang berada di dalamnya. Normalnya nilai pH air tawar aquarium sekitar 6,5 s/d 7,5 saat pH terlalu tinggi pasti ikan akan mati. Inilah salah satu contoh perannya nilai pH air yang akan digunakan untuk aktifitas budidaya atau menyalurkan hobinya. Oke setelah kita mengupas pengertian dan peran nilai pH maka sekarang saatnya kita kupas tips mudah menaikan dan menurunkan pH air, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini : 
"pH air","menurunkan pH","menaikan pH"
Cara menaikkan pH
  • Memberikan airasi, untuk penghobi ikan hias bisa anda coba dengan pecahan koral dan pecahan kulit kerang dicampur dengan potongan batu kapur. Anda bisa memberikan itu sebagai hiasan dasar kolam anda, sedangkan untuk cara menaikan pH pada larutan hidroponik anda bisa menggunakan larutan kalium hidroksida atau biasa dikenal dengan sebutan KOH, anda bisa memberikan larutan KOH pada media hidroponik sedikit demi sedikit sampai nilai pH sesuai yang anda inginkan.
  • Anda juga bisa menggunakan pelepah daun pisang yang dipotong kecil-kecil, cara ini juga bisa anda gunakan untuk menaikkan kadar keasaman larutan (air).
  • Jika anda masih repot dengan cara di atas maka lebih praktisnya anda bisa membeli pH Up hidroponik ditoko.
Setelah anda mengetahui cara menaikan pH air, maka kita akan mengulas bagaimana cara menurunkan pH air.? Untuk menurunkan pH air atau larutan ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, akan tetapi untuk menurunkan pH pada media hidroponik saya ulas pada paragraf selanjutnya, kali ini cara secara umum, dan anda juga bisa mencoba untuk aktifitas anda, untuk caranya, diantaranya:

Cara Menurunkan pH air
Mencampurkan air baku baru
bagi penghobi ikan hias, ada cara paling mudah untuk anda lakukan, yaitu dengan mencampurkan air aquarium yang bermasalah dengan air RO yang mempunyai nilai pH sedikit atau di bawah netral. Caranya anda bisa mengurangi jumlah air yang ada di aquarium kemudian menambahkan air baru. Tinggal tunggu hasilnya pasti pH menurun walaupun tidak banyak.

Daun dan batang pepaya
Cara menurunkan pH air yang lainnya secara alami adalah dengan memberikan daun dan batang pepaya pada larutan, cara ini sangat sering digunakan oleh para pembudidaya ikan, khususnya budidaya ikan lele. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan beberapa lembar daun atau batang pepaya, tentunya anda harus memotongnya terlebih dahulu yang lebih kecil, anda bisa mencobanya, karena cara ini bisa kembali menetralkan ph air kolam lele. Sebenarnya ada alternatif yang lain selain penggunaan daun atau batang pohon pepaya, bahan yang bisa anda gunakan adalah bonggol pisang, akan tetapi kalau anda terlalu banyak memberikan bonggol pisang maka getah pisang bisa mnaikan pH air kolam secara cepat jadi penggunaan pepaya relatif lebih aman
.
Daun ketapang
Penggunaan daun ketapang sudah banyak yang mencoba dan membuktikan kehebatan menggunakan daun ketapang dalam menaikan pH larutan atau air, mereka menggunakan sekitar 4-5 lembar daun ketapang untuk sebuah aquarium. 

Penurun pH (pH down)
jika anda tidak mau repot tentu saja anda tinggal membeli pH down yang ada di toko, karena ini sangat-sangat praktis untuk anda lakukan.

Dengan HNO3 Asam Nitrat
selain cara di atas anda juga bisa menggunakan HNO3 (asam nitrat) untuk menurunkan nilai pH larutan, anda bisa membelinya di toko kimia, karena pada toko kimia biasanya ada, untuk harganya sekitar 15 - 20 rb / ltr, untuk cara pemakaian cairan ini anda harus super hati-hati, karena bahan ini masih dalam kondisi sangat pekat, ketika anda mau menggunakannya wajib menggunakan sarung tangan plastik. Sebelum untuk menurunkan nilai pH, sebaiknya larutan HNO3 harus dibuat larutan yang tidak terlalu pekat dan tentu saja agar larutan HNO3 menjadi lebih mudah dan aman ketika digunakan, untuk caranya :

Anda bisa menyiapkan air bersih kurang lebih 1-2 liter pada ember, kemuadian masukan larutan HNO3 sebanyak 5 - 10 ml ke dalam air yang sudah anda siapkan tadi. Dan jangan lupa untuk menutup kembali dengan sangat rapat botol HNO3 yang masih sangat pekat untuk digunakan jika sewaktu-waktu anda mau menggunakannya kembali. Ingaaatttt dan ingaaaatttttt anda harus MENYIMPAN LARUTAN HNO3 YANG PEKAT DI TEMPAT YANG AMAN DARI JANGKAUAN KELUARGA ANDA...!!

Untuk larutan yang sudah anda encerkan tadi atau 1-2 liter air yang sudah diberi HNO3 bisa anda masukan ke dalam botol atau jerigen, larutan ini siap untuk anda gunakan dalam menurunkan pH larutan. Untuk cara pemakaian, misalkan penerapannya pada budidaya tanaman hidroponik, jika kita mau membuat larutan nutrisi/ media air sebanyak 10 ltr, sebelum anda menambahkan nutrisi yang masih pekat (A+B), maka anda harus menyesuaikan terlebih dahulu nilai PH air yang akan digunakan sesuai kebutuhan tanaman yang akan anda tanam, caranya sangat mudah pertama anda siapkan dahulu 10 liter air yang aan anda gunakan, kemudian teteskan sedikit demi sedikit larutan HNO3 yang tadi sudah anda buat atau encerkan, ukur dengan pH meter, jika nilai pH masih tinggi belum sesuai dengan keinginan anda maka bisa menambahkan lagi HNO3 sedikit demi sedikit sampai nilai pH sesuai dengan yang anda inginkan. Jika pada prakteknya anda kelebihan saat memberikan larutan HNO3 maka secara otomatis pH air akan turun, maka untuk menaikannya lagi anda bisa menambahkan air bersih lagi kemudian anda ukur sampai nilai pH sesuai pada nilai yang anda inginkan. Setelah nilai pH OK, maka anda bisa menambahkan larutan nutrisi A dan B sesuai dengan tanaman yang akan anda inginkan, jika belum tahu berapa nilai nutrisi tanaman yang akan anda tanam, maka anda bisa membaca artikel saya yang lainnya tentang daftar lengkap nutrisi tanaman hidroponik, silahkan anda baca untuk mengetahui nilai nutrisi tanaman yang akan anda tanam.

Cara yang terakhir adalah menggunakan cuka atau perasan jeruk.
Cara ini bisa dilakukan jika kebutuhan air yang anda gunakan dalam volume yang sedikit, jadi jika anda menggunakan pada jumlah air yang banyak maka anda akan lebih direpotkan karena butuh berapa banyak jeruk/cuka yang akan anda gunakan, dan penggunaan cara ini juga mudah sekali nilai pH berubah, misalnnya ketika anda menggunakan cara ini kemudian nilai pH sudah seperti yang anda inginkan, tetapi selang beberapa waktu nilai pH akan berubah kembali, jadi jika anda tetap menginginkan cara ini, ya silahkan dicoba sendiri.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga informasi tentang cara mudah menaikan dan menurunkan pH air bisa bermanfaat dan berguna untuk anda, baik kepada pembudidaya tanaman hidroponik, penghobi ikan hias, pembudidaya ikan lele, ataupun yang lainnya. Nah, bagi anda yang sedang mencari Ph up dan Ph down anda bisa membelinya di toko online, untuk memilih produknya silahkan anda berkunjung ke lazada.co.id, di toko online tersebut anda bisa memilih produk Ph up dan down yang anda inginkan.

Dan terakhir jangan lupa jika informasi ini sangat bermanfaat untuk orang lain, maka anda bisa men-share artikel ini kepada orang-orang yang sedang mencari informasi tentang cara menaikan dan menurunkan pH air.
Facebook CommentsShowHide

2 comments

Mantap, artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih sudah berbagi ilmu

Balas

Terima kasih infore nya.bermanfaat sangat.terima kasih

Balas