-->

Mengenal Jenis Ikan Lele Unggul Yang Bagus Untuk Budidaya Ikan Lele

Salah satu kesuksesan budidaya ikan lele tidak lepas dari benih ikan lele yang akan anda gunakan. Saat anda di lapangan, maka anda akan di berikan banyak pilihan jenis ikan lele yang umum dijadikan benih untuk ternak lele. Dari sinilah anda dituntut untuk bisa mengenali dan mengetahui informasi tentang jenis ikan lele mana yang unggul dan bisa anda jadikan benih untuk memulai budidaya ikan lele. Dengan anda mengetahui jenis ikan lele unggul maka diharapkan anda bisa menikmati kesuksesan dalam budidaya ikan lele, dan bagi anda yang masih baru dengan mengetahui informasi tentang jenis ikan lele unggul setidaknya anda bisa meminimalisir kerugian dari aktifitas anda dalam membudidayakannya karena anda juga masih tahap baru dan masih tahap memulai belajar budidaya ikan lele secara langsung. Di lapangan ada beberapa jenis ikan lele unggul yang bisa anda ketahui sebelum memilih dan menentukan benih yang akan anda jadikan untuk memulai ternak lele, diantaranya : 

Jenis ikan lele unggul yang bagus untuk budidaya ikan lele
Ikan Lele Dumbo
Lele jenis ini tentunya sudah banyak orang yang mengenalnya, akan tetapi bagi yang belum bisa mengetahuinya kalau tubuhnya ikan lele dumbo mirip dengan tubuh dari ikan lele lokal, akan tetapi untuk ukuran tubuh yang dimiliki oleh ikan lele dumbo lebih besar (bentuk tubuhnya cenderung lebih panjang dan lebih gemuk) dibandingkan dengan ikan lele lokal. Dari beberapa literatur disebutkan kalau ikan lele dumbo merupakan hasil dari perkawinan silang antara dua spesies ikan lele, yakni antara ikan lele betina (Clarias fuscus) yang berasal dari Taiwan dengan ikan lele jantan (Clarias mossambicus) yang berasal dari Kenya, Afrika. Dari hasil persilangan tersebut.
"ikan lele","jenis ikan lele","budidaya ikan lele"
Ikan lele dumbo juga memiliki keunikan sendiri seperti pada tubuhnya akan muncul bercak-bercak hitam dan putih saat ikan lele dumbo merasa terkejut ataupun stres. Jika anda memelihara ikan lele dumbo kemudia menemukannya maka anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut hanya bersifat sementara dan nantinya ikan lele dumbo akan segera normal jika kondisi lingkungan yang ada kolam sudah stabil. Jumlah sirip pada ikan lele lokal dan ikan lele dumbo sama, akan tetapi patil dari ikan lele lokal lebih berbahaya dari pada patil ikan lele dumbo.

Ikan Lele Sangkuriang
Ikan lele ini mungkin lebih favorit untuk dibudidayakan, karena ikan lele jenis sangkuriang merupakan varietas ikan lele unggulan yang dihasilkan dari benih persilangan jenis ikan lele dumbo, Ikan lele sangkuriang merupakan hasil perkawinan antara lele dumbo betina F2 (induk betina dari generasi ke 2) dengan lele dumbo jantan F6 (induk jantan dari generasi ke 6) kemudian dari perkaninan ini menghasilkan lele dumbo jantan F2-6. Selanjutnya, dari jenis ikan lele dumbo jantan F2-6 dikawinkan lagi dengan ikan lele dumbo betina F2, dari perkawinan ini kemudian menghasilkan ikan lele sangkuriang.

Dengan menggunakan cara persilangan seperti ini nantinya akan menghasilkan benih ikan lele yang lebih unggul dan bagus. Terjadinya penurunan kualitas oleh ikan lele dumbo yang diduga selama ini karena disebabkan oleh pembibit ikan lele dumbo yang sering melakukan perkawinan sekerabat (inbreeding) dan seleksi induk yang salah.

Ikan Lele Phyton
Ikan lele phyton merupakan jenis ikan lele yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh Teja Suwarna, wawan setiawan dan Sonar Raja Jati dari Pandeglang, Banten. Jenis ikan Lele Phyton merupakan jenis ikan yang hasilkan dari perkawinan antara indukan betina jenis lele thailand dengan induk jantan jenis lele dumbo F6.

Perkawinan antara keduan indukan tersebut kemudian menghasilkan jenis ikan lele yang mempunyai ciri, warna dan bentuk kepala hampir menyerupai ular phyton. Tak hanya itu, lele ini juga memiliki ukuran mulut yang kecil dan mempunyai kepala pipih yang memanjang dengan warna cerah, dari ciri-ciri inilah akhirnya ikan lele jenis ini dikenal dengan jenis ikan lele Phyton.

Ciri lain yang bisa anda ketahui dari jenis ikan lele phyton adalah ikan jenis ini memiliki punuk yang berada di belakang kepala, kemudian mempunyai ekor bulat, dan mempunyai sungut yang lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis lele dumbo biasa. Keunggulan dari lele phyton yang bisa anda ketahui adalah ikan lele phyton memiliki pertumbuhan lebih cepat, tingkat hidupnya tinggi, mempunyai ukuran yang seragam, dan jenis ikan lele phyton relatif lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Ikan Lele Masamo
Ikan lele masamo adalah jenis ikan lele yang diproduksi oleh PT Matahari Sakti (MS) yang berada di Mojokerto, Jawa Timur. Keunggulan yang dimiliki oleh jenis ikan lele masamo dengan jenis ikan lele lainnya, antara lain :
  • Memunyai ukuran tubuh yang besar.
  • Untuk masalah makan ikan lele masamo sangat rakus akan tapi tetap efisien.
  • Mempunyai Tingkat keseragaman tubuh yang tinggi.
  • Memiliki toleransi Strees yang tinggi.
  • Mempunyai ketahanan tubuh dari serangan penyakit yang tinggi.
  • Mempunyai sifat kanibal yang rendah dari jenis ikan lele yang lainnya.
  • Memiliki sifat induk dengan tingkat rata-rata penetasan atau produktivitas telur yang tinggi
Dengan keunggulan yang dimiliki oleh ikan lele masamo membuat banyak pihak yang mengaku menyediakan indukan dan benih dari jenis lele super ini. Padahal, perlu anda ketahui bahwa hanya PT MS saja yang mendistribusikan secara terbatas kepada jaringan mitra internal perusahaan yang mereka miliki. Lele masamo merupakan hasil pengumpulan sifat berbagai plasma nutfah lele dari beberapa Negara, antara lain lele dumbo dan Clarias macrocephalus (bighead catfish) yang merupakan lele afrika dengan dikohabitasi di Thailand. Ikan lele afrika dikenal dengan kecepatan pertumbuhannya dan ketahanan tubuh yang tinggi. Lele afrika yang telah dikohabitasi domestik di Asia Tenggara memiliki toleransi yang tinggi terhadap lingkungan dan tahan terhadap penyakit lokal.

Lele masamo memiliki ciri khas fisik cukup berbeda dengan lele dumbo, sangkuriang, dan phyton yang lebih dahulu terkenal. Kepala lele masamo lebih lonjong, menyerupai sepatu pantofel model lama. Sirip (patil) lebih tajam, badan lebih panjang, dan berwarna kehitaman. Ketika stres, muncul warna keputihan atau keabu-abuan.

Ikan lele mutiara
Yang terakhir adalah jenis Ikan lele mutiara, jenis ikan lele ini merupakan jenis ikan lele yang unggulan dan berasal dari Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi, Subang, Jawa Barat. Jenis ikan lele mutiara dirilis pada 27 Oktober 2014. Jenis ikan lele mutiara merupakan hasil ikan lele yang sudah diseleksi dari persilangan induk jenis ikan lele dumbo lokal, lele mesir, lele paiton dan lele sangkuriang yang dimulai sejak 2010. Keunggulan jenis ikan lele mutiara yang bisa anda ketahui adalah ikan jenis ini memiliki laju pertumbuhan yang sangat tinggi hingga mencapai 40% dibandingkan dari jenis ikan lele yang saat ini banyak dibudidayakan oleh para pembudidaya. Dengan memiliki persentase laju pertumbuhan pada ikan lele mutiara, membuat waktu yang dibutuhkan dalam pemeliharaan dapat lebih singkat. Penggunaan bibit dengan ukuran 5-7 cm dapat anda panen dalam waktu kurang lebih 45-50 hari dan bisa dipanen dengan ukuran 6-9 ekor/kg dan memiliki tingkat keseragaman ukuran mencapai 80%.

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh ikan lele mutiara adalah pengeluaran pakan yang lebih irit sehingga berdampak dalam menekan pengeluaran untuk masalah biaya pakan ikan lele, karena ikan lele mutiara memiliki angka rasio konversi pakan (FCR) hanya 0,8. Sedangkan untuk ikan lele jenis yang lainnya memiliki angka rasio konversi pakan antara 1-1,2. Selain kelebihan yang sudah dijelaskan tadi, ternyata ikan lele mutiara juga lebih tahan dari serangan penyakit, hal ini sudah dibuktikan dengan direndam jenis ikan lele mutiara di dalam air yang mengandung bakteri aeromonas sp selama 60 jam, dan hasilnya adalah hanya 30% ikan lele mutiara yang mati, berita ini disampaikan oleh peneliti dari Balai Penelitian dan Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi.

Itulah jenis ikan lele unggul yang bisa anda pilih untuk mengisi lahan ternak lele anda, dengan mengetahui informasi tersebut diharapkan anda bisa memilih dan menentukan benih ikan lele unggul yang ingin dibudidayakan, dan bisa membuat anda sukses dalam budidaya ikan lele. oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu anda yang sedang mencari benih ikan lele unggul untuk anda gunakan pada area yang sudah anda siapkan untuk ternak ikan lele.
Facebook CommentsShowHide

0 comments