-->

Ramuan Sederhana Mengendalikan Hama Kutu Kebul Pada Tanaman Pepaya

Hama Kutu Kebul/kutu putih pada tanaman pepaya sering sekali kita temui karena hama ini saya pikir mudah sekali untuk dideteksi, dengan kebiasan menggerombol pada bagian bawah daun membuat hama ini mudah diketahui, apalagi bagi para petani pepaya khususnya pepaya calina ipb9 tentunya sudah pernah mengalaminya, dan pada musim panas atau kemarau serangan hama ini akan semakin ganas, karena saya juga pernah mengalaminya, dan mungkin bagi anda hama kutu kebul ini sangatlah susah dikendalikan, saya pikir wajar apabila pengendaliannya tidak tepat sasaran, karena pada tubuh si kutu kebul/kutu putih ada lapisan seperti lilin yang menutupinya, jadi ketika di semprotkan insektisida kalau tidak sampai menembus tubuhnya tentunya si hama ini tidak bisa dikendalikan, dan mungkin anda juga pernah merasakannya karena dibikin bingung dengan hama ini yang susah dikendalikan.

Hama kutu putih pada tanaman pepaya dari pengamatan saya sebenarnya lebih banyak penyebarannya dan paling suka menyerang tanaman seperti hama kutu kebul pada tanaman cabai, tanaman singkong, kutu kebul pada melon, pohon mangga, dan tanaman pepaya biarpun pada tanaman lain juga hama ini menyerang juga, akan tetapi pada tanaman di atas anda sering menemukan hama ini dalam jumlah yang sangat banyak. Hama kutu kebul kalau tidak dikendalikan secara cepat nantinya akan sangat merugikan petani khususnya petani pepaya, karena si kutu ini akan menghisap cairan yang ada di daun jadi nantinya bisa mengganggu fotosintesis tanaman, sedangkan ketika menghisap pada bagian buah nantinya buah tidak terlihat menarik dan pastinya rasa pada buah tidaklah manis, lebih parahnya lagi hama ini bukan sekedar menghisap cairan saja akan tetapi pada kondisi yang lain hama ini membawa berbagai macam virus dan penyakit tanaman, benarkan..???

Untuk mengetahui gejala serangan hama kutu putih akan saya urai seperti di bawah ini.
Serangan kebul/kutu putih biasanya ditandai oleh banyaknya gumpalan benang lilin berwarna putih pada permukaan buah dan/atau pada permukaan bawah daun. Hal ini terjadi karena kutu putih hidup secara bergerombol. Kutu putih mengisap cairan tanaman dengan cara menusukkan alat mulutnya kedalam jaringan epidermis daun atau buah. Pada daun tua serangan biasanya terjadi sepanjang tulang tengah dan urat daun, sedangkan pada daun muda dan buah terjadi pada seluruh bagian. Pada saat mengisap cairan, alat mulut kutu menginjeksikan racun kedalam jaringan tanaman. Sebagai akibatnya, serangan pada pucuk menyebabkan daun tumbuh kerdil dan keriput. Selain itu, hama kutu putih pepaya menghasilkan embun madu dari bagian analnya. Embun madu ini kemudian ditumbuhi cendawan jelaga, sehingga permukaan daun dan buah pada tanaman yang diserang berwarna hitam.
Pada keadaan serangan berat, seluruh permukaan bawah daun penuh ditutupi kutu yang menyebabkan daun mengering dan akhirnya tanaman mati. Serangan berat pada buah dapat menyebabkan kualitas buah rusak.
"hama kutu kebul","cara mengendalikan hama kutu kebul","pengendalian hama kutu kebul"
Terus bagaimana mengendalikan hama kutu kebul/kutu putih pada tanaman pepaya.?
Dalam mengendalikan hama kutu kebul/kutu putih sebenarnya banyak caranya, tergantung anda mau memilih yang mana busa menggunakan musuh alami kutu kebul atau dengan insektisida untuk kutu kebul baik dengan insektisida kimia atau dengan menggunakan insektisida nabati atau membuat ramuan sendiri yang lebih murah dan mudah tentunya. Karena dalam membuat ramuan sendiri tentunya anda harus lebih telaten dan mau mempraktekannya, kalau bingun mencari referensi membuat ramuan pada kesempatan ini saya akan memberikan tips membuat ramuan sederhana mengendalikan hama kutu kebul yang murah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Pada pengalaman saya dalam mengendalikan hama kutu kebul dengan ramuan ini bagi saya cukup berhasil, akan tetapi bila anda menerapkan sama seperti saya, anda harus lebih bersabar karena tidak seperti penggunaan insektisida kimia yang cepat dalam mengendalikannya, dengan ramuan ini anda harus bersabar sekitar 4-5 hari menunggu hasilnya, karena saya pun seperti itu, untuk cara membuat ramuan dalam mengendalikan hama kutu putih ada beberapa tips cara membasmi kutu kebul dari saya, akan tetapi saya bahas 1/1 terlebih dahulu, untuk caranya seperti di bawah ini..

Cara Membuat Ramuan Untuk Mengendalikan Hama Kutu Kebul/Kutu Putih
Bahan
Abu hasil Pembakaran
Sabun pencuci piring (untuk merk terserah anda)

Alat
Ember.

Cara pembuatannya
  • Siapkan abu bakar sekitar 1 kg dan air sekitar 5 liter.
  • Masukan air dan abu bakar ke ember kemudia rendam semalaman.
  • Setelah perendaman selesai anda saring untuk diambil air rendamannya.
  • Sebelum digunakan anda campurkan terlebih dahulu dengan sabun pencuci piring sekitar 2 sendok makan, aduk sampai merata.
  • Ramuan sudah jadi dan siap digunakan, untuk lebih efektif larutan ini bisa dioleskan dengan kuas pada tanaman yang terkena haman, apabila disemprotkan bisa dengan alat semprot yang mempunyai tekanan agak besar.
Catatan : untuk penerapan pada kebun bisa disesuaikan dengan kebutuhannya, anda tinggal mengkonversi perbandingannya sendiri, jika anda mau menambahkan jumlah sabun pencuci piring itu terserah anda, apabila dari cara di atas sudah efektif ngapain juga menambahkan volume kebutuhan sabunnya, ntar malah menambah ongkos lagi.

Nah itulah tips dari saya tentang Ramuan Sederhana Mengendalikan Hama Kutu Kebul Pada Tanaman Pepaya, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi petani pepaya agar bisa menerapkan beberapa cara membasmi hama pada pohon pepaya, apabila ada pertanyaan silahkan tanyakan, jadi kita bisa berdiskusi, dan jangan lupa share artikel ini agar bisa lebih bermanfaat lagi.
Facebook CommentsShowHide

7 comments

Air sabun atau detergen apa gak ada pengaruh nya pada tanaman kita gan...?thanks.

Balas

gpp om muhammad sujak, yang penting takarannya pas..
saya sering banget pake cra itu, dan hsilnya tanaman sya gpp..

Balas

kok gambarnya bukan kutu kebul om.. beda lah.. ngerti gak yang mana kutu kebul.. bukan yang itu...

Balas

ayoo coba yg mana gambarnya.?
bisa kirim ke email saya pak kalau foto di atas bukan jenis kutu kebul..

Balas
This comment has been removed by the author.

Kunjungi juga
www.bloggerpetanilampung.blogspot.com

Balas

Kutu itu yg menyerang tanaman cemara sama santigi saya. Itu dia kutu kebul. Mudsh-mudhn manjurrrr

Balas