-->

Penyakit Pepaya Di Musim Penghujan Dan Solusinya

Musim penghujan telah tiba, apalagi setelah melewati musim kemarau panjang jadi berasa seperti pepatah "oase di padang pasir", khususnya bagi pelaku budidaya pepaya california IPB9, kini para pembudidaya pepaya calina ipb9 mulai merasa senang karena kebunnya mulai tersirami air tanpa mengeluarkan biaya lagi karena biaya yang dikeluarkan untuk penyiraman kebun saat musim kemarau dari pengalaman saya cukup besar,dan hasilnya juga kadang tak seperti yang kita harapkan, mungkin anda para pembudidaya pepaya juga mengalami pengalaman seperti saya. Tapi bagi yang beruntung bisa mengaliri pohon pepayanya secara teratur bisa merasakan nikmatnya berkebun pepaya, karena dari pengalaman saya harga pepaya california ipb9 akan mengalami peningkatan biarpun kondisi buah pepaya tidak atau kurang bagus tapi masih bisa merasakan harga pepaya california per kg akan tinggi, dan  dalam pemasaran pepaya california juga tidakbegitu sulit karena wajar di lapangan biasanya para pengepul atau pembeli susah mencari pepaya, biarpun ada tentunya harus berebut dengan pengepul yang lain.

Musim penghujan adalah berkah Tuhan yang diberikan kepada mahluk hidup, khususnya para petani, akan tetapi pada sisi yang lain musim penghujan juga mempunyai sisi negatif khususnya bagi para pembudidaya pepaya calina ipb9, terlebih seperti di tempat saya area Tegal, Brebes, Pemalang dan sekitarnya. Sisi negatif musim penghujan bagi budidaya pepaya calina ipb9 saya khususkan kepada mereka yang malas untuk merawat kebun pepaya nya, padahal yang dirawatpun kadang masih bisa mengalaminya, yah sisi negati itu adalah "Penyebaran Penyakit Pada Budidaya Pepaya Calina IPB9", karena dari pengalaman saya juga pernah merasakan penyebaran penyakit pepaya california saat musim penghujan dengan begitu cepatnya, mungkin anda para petani pepaya yang lain juga pernah mengalami pengalaman seperti saya.

Maka pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi pengalaman kepada anda para pembudidaya pepaya calina ipb9, karena siapa tahu bisa bermanfaat. dan jangan sungkan bebagi artikel ini apabila bisa bermanfaat kepada orang banyak. Sebelum saya membahas tentang cara mengatasi penyakit pepaya calina IPB9 saya akan mencoba mengupas terlebih dahulu tentang jenis penyakit pepaya calina IPB9 yang sering terjadi saat musim penghujan. Untuk penjelasannya seperti di bawah ini.

Jenis Penyakit Pepaya Calina IPB9 Di Musim Penghujan
Penyakit Busuk Akar Pepaya Calina IPB9
Penyakit Busuk Akaar pada pepaya biasanya disebabkan oleh bakteri atau jamur phytopthora palmivora, kita bisa sedikit mengetahui dengan gejala seperti berikut :
  • Daun bawah layu, menguning kemudian menggantung sebelum rontok. Daun yang agak muda pun menunjukan gejala yang sama.
  • Akar lateral/akar tunggal membusuk, membentuk massa berwarna coklat tua, lunak, dan berbau tidak enak, untuk hal ini anda bisa mengetahui jika membongkar pohon pepaya yang mengalami gejala pada poin pertama di atas.
Penyakit Busuk Batang Atau Pangkal Batang
Penyakit ini bisa disebabkan oleh bakteri atau jamur seperti pada penyakit busuk akar, untuk mengetahui gejalanya saya urai seperti ini. Pada bibit dipersemaian anda melihat bibit pepaya yang busuk saat persemaian biasanya dikenal dengan naman damping off, atau setelah sudah jadi bibit anda melihat tanaman pepaya yang busuk pada area pangkal batang pada tanaman pepaya kemudian terkulai dan mati.

Penyakit Busuk Buah Pepaya Calina IPB9
Penyakit busuk buah biasanya disebabkan oleh jamur atau cendawan Antraknosa Colletotrichum gleaspariades dengan gejala pada tanaman pepaya seperti berikut ini. Pada buah muda terbuentuk luka kecil yang ditandai dengan adanya getah yang keluar kemudian mengental, pada buah yang menjelang masak biasanya anda menumui bulatan - bulatan kecil berwarna gelap, malah kadang ada yang sampai besar bulatannya dan ada yang sampai busuk saat masak. 

Penyakit Layu Bakteri
Penyakit layu bakteri biasanya disebabkan oleh bakteri erwina papayae (Bacterium Papayae), dengan gejala daun pepaya menjadi terkulai dan gugur, meskipun pada bagian daun yang lainnya terlihat sehat, akan tetapi jika tidak ditanggulangi akan menyebar terus sampai pucuk terus kebagian perakaran pepaya sehingga mengakibatkan tanaman pepaya menjadi busuk semuanya.
"penyakit pepaya","pengendalian penyakit pepaya","penanggulangan penyakit pepaya"
Virus Mozaik Pepaya
Virus ini biasanya disebabkan oleh papaya mosaik virus (PMV), dengan gejala daun tanaman menjadi kasar dan sisi daun bergaris - garis tidak teratur (mosaik), lambat laun pertumbuhan daun terhambat, ukuran daun mengecil kemudian menumpuk di bagian atas pohon pepaya. kalau tidak ditangani secepatnya maka akan memperparah tanaman dengan menyebabkan timbulnya lingkaran - lingkaran hijau pada buah pepaya.

Itulah beberapa penyakit pepaya yang sering terjadi di musim penghujan versi pengalaman saya, biarpun ada beberapa penyakit atau virus lagi dalam budidaya pepaya, akan tetapi saya baru mengalami seperti yang saya sampaikan di atas untuk kebun pepaya saya, semoga jangan sampai merasakannya lagi. Setelah saya membahas tentang penyakit tanaman pepaya pada budidaya pepaya calina ipb9 sekarang saya mencoba memberikan beberapa tips barang kali bisa menjadi solusi pangendalian penyakit pada budidaya pepaya calina ipb9 bagi anda yang sedang mengalaminya, bahkan yang belum pernah alangkah baiknya anda mencegahnya, untuk tips mencegah penyakit pada tanaman pepaya saat atau mau menghadapi musim penghujan saya ulas seperti di bawah ini.

Tips Mencegah Serangan Penyakit Pepaya Saat Menghadapi Musim Penghujan 
  • Ketika memasuki awal musim penghujan alangkah baiknya anda memperbaiki drainase/saluran pembuangan air dan bedengan dengan baik, harapannya dengan datangnya musim penghujan air tidak sampai tergenang di lahan budidaya pepaya, apalagi sampai kebanjiran, bisa-bisa besoknya sudah KO semua tanamannya.
  • Apabila anda menemukan tanaman yang terserang penyakit seperti busuk akar bisa langsung dibongkar bersama akar-akarnya dan buah yang terkena jamur anda bisa di petik dan dimusnahkan, bisa dengan dibakar atau di timbun pada lokasi yang jauh dari kebun.
  • Mencegah dengan fungisida, baik yang kimia atau yang biologi, terserah anda mau memilih menggunakan yang mana untuk kebun pepaya anda, tapi jangan gunakan secara bersamaan, bisa-bisa bakteri yang ada di fungisida biologi bisa mati semua.
Bagaimana, anda sudah ada gambaran dalam mencegah penyakit pepaya khususnya calina ipb9 pada saat musim penghujan.? dicegah dan dirawat sebaik mungkin, karena dari pengalaman saya harga pepaya pada musin penghujan juga bisa tinggi apabila banyak petani yang gagal panen karena kebunnya terkena serangan jamur parah, jadi secara logika pasar juga sudah masuk, barang susah didapat harga tentunya akan tinggi, semua yang saya sampaikan ini adalah hasil dari pengamatan saya selama terjun disektor budidaya pepaya khususnya varietas Calina IPB9, akan tetapi barangkali anda mau menambahkan beberapa tips dan pengalaman bisa berdiskusi di sini bersama saya dalam pengendalian penyakit pada tanaman pepaya.

Oke, saya cukupkan sampai di sini untuk pembahasan Penyakit Pepaya di Musim Penghujan Dan Solusinya, semoga bisa bermanfaat bagi petani pepaya, kurang lebihnya saya mohon maaf, mari berdiskusi di sini dan janganlupa untuk share artikel ini agar bisa lebih bermanfaat. Maju Terus Petani Pepaya Indonesia.!!!
Facebook CommentsShowHide

0 comments