-->

Jual Bibit Pepaya Calina unggul Wilayah Tegal, Brebes, Pemalang Dan Sekitarnya

Budidaya pepaya california (Pepaya calina, Pepaya calina IPB9) saat ini banyak diminati oleh para pekebun sebagai salah satu bidang usaha. Dalam budidaya pepaya ada beberapa kebutuhan yang harus anda siapkan salah satunya membeli benih dari orang yang jual benih pepaya california IPB9 asli atau bibit pepaya california siap tanam, anda bisa memilih mana yang paling mudah untuk anda kerjakan, jika anda sudah menguasai pembibitan pepaya maka anda bisa mencoba membibitkan sendiri, akan tetapi jika anda belum bisa kemudian ditambah malas dan tidak ada waktu luang jika harus mencari tanah dan membuat media pembibitan, dengan alasan ini maka anda bisa memilih poin yang ke 2 yaitu membeli bibit california siap tanam.

Bibit pepaya Calina IPB 9 untuk sekarang ini banyak sekali yang menyediakan, karena memang prospeknya masih terbuka lebar untuk di usahakan, baik pembudidaya maupun penyedia bibit pepaya, memang tidak salah banyak orang yang menawarkan bibit pepaya untuk para petani khususnya wilayah tegal, brebes, pemalang, dan sekitarnya yang tertarik membudidayakan pepaya baik, baik dilakukan pada budidaya pepaya california di lahan perkebunan atau budidaya pepaya california di pekarangan. Akan tetapi akan menjadi masalah ketika mereka menawarkan bibit pepaya yang dalam artian kurang atau tidak unggul, hal ini bisa dilihat dari cara mengambil benih yang tidak melalui proses pembenihan secara benar, karena nantinya benih yang dihasilkan akan mengalami perkawinan silang dengan jenis pepaya yang lain yang berada disekitar tanaman pepaya yang dijadikan benih, kemudian dengan perkawinan silang bisa mengakibatkan penyimpangan genetika yang tidak sama dengan induk dari jenis pepaya itu sendiri.

Bisa anda lihat sendiri di lapangan untuk pembudidaya pepaya wilayah tegal, brebes, pemalang, dan sekitarnya, banyak sekali petani yang akhirnya kecewa dengan bibit yang bisa dibilang asal-asalan dengan hasil yang tidak memuaskan bagi para pembudidaya, biarpun bukan aspek benih pepaya saja yang membuat produk atau pembudidaya menjadi unggul, akan tetapi pemilihan bibit pepaya calina IPB9 yang unggul bisa kita jadikan langkah awal untuk kesuksesan budidaya pepaya calina. Dan sekali lagi saya minta maaf barangkali kurang etis menjelaskan seperti yang diutarakan di atas, akan tetapi karena saya juga seorang pembudidaya pepaya, jadi saya juga kadang merasa dirugikan karena harga pepaya california di pasar akan disamakan, padahal dari kualitas buah saja sudah berbeda dan biasanya pada konteks tingkat kemanisan pepaya itu sendiri, karena bagaimanapun jenis pepaya unggul dengan yang asal buat bibit akan selalu berbeda, dan itu faktanya.
"jual bibit pepaya calina ipb9 wilayah pemalang","jual bibit pepaya calina ipb9 unggul","bibit pepaya unggul"

"bibit pepaya calina ipb9","jual bibit pepaya calina ipb9 wilayah brebes","jual bibit pepaya"
Maka dari itu saya mencoba untuk memudahkan para petani yang mau budidaya pepaya calina IPB9 unggul wilayah tegal, brebes, pemalang, dan sekitarnya agar mereka juga bisa bersaing dengan pepaya unggul yang dihasilkan oleh wilayah lain. Dalam artian masa iya kita saja bisa atau tahu tata cara budidaya pepaya california unggul tapi di pasaran pepaya unggul yang masuk dari daerah yang lain, kita tidak jadi tuan di rumah sendiri, apalagi mau mengembangkan untuk menjadi tuan di daerah lain kalau petani kita masih menanam pepaya yang bibitnya asal-asalan.

Bagi anda yang ingin berkebun pepaya california maka anda harus mengetahui dasar ataupun tips budidaya pepaya calina, kerena dengan anda mengetahuinya diharapkan menjadi langkah awal untuk anda menggapai kesuksesan budidaya pepaya california. Dalam budidaya pepaya calina IPB9 ada beberapa faktor penentu yang bisa anda terapkan agar budidaya pepaya anda bisa berhasil, diantaranya :
  • Benih yang digunakan, benih yang anda gunakan harus yang unggul, karena apa pada budidaya pepaya itu tidak murah anggaran yang harus anda keluarkan, jadi jika salah memilih anda bisa memikirkannya sendiri.
  • Pengolahan tanah yang maksimal, pengolahan tanah dimaksudkan agar tanah yang akan digunakan memiliki top soil yang bagus untuk pertumbuhan perakaran tanaman pepaya, dengan pengolahan tanah yang baik, diharapkan tanaman bisa tumbuh secara maksimal.
  • Perawatan tanaman pepaya yang melingkupi pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman pepaya, dan pengairan. Pada pemupukan anda harus selalu menggunakan pupuk organik sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan, dan anda juga bisa menggunakan pupuk kimia dan pupuk daun yang disesuaikan dengan fase pertumbuhan tanaman pepapa, fase pertumbuhan pepaya yang bisa anda ketahui adalah fase vegetatif dan fase generatif, fase vegetatif adalah sebuah fase pertumbuhan yang terfokus dalam pembentukan perakaran, batang, dan tunas baru. Sedangkan fase generatif adalah fase pertumbuhan yang terfokus pada pembentukan bunga, buah, dan pembesaran buah, akan tetapi pada tanaman pepaya akan selalu membentuk tunas baru, jadi anda juga harus memberikan pupuk dengan kandungan N, walaupun kadar yang anda berikan berbada dengan unsur lain seperti K, P pada fase generatif.
  • Pengendalian hama dan penyakit, ini juga sangat penting karena banyak petani yang gagal karena tidak menjaga dan merawat tanamannya sedari awal dengan baik, jika sudah parah baru ditangani, jika anda ingin budidaya pepaya calina IPB9 sebaiknya lebih baik anda mengantisipasi dari pada anda harus menangani ketika sudah terserang hama dan penyakit yang parah, anda juga bisa membaca artikel lain tentang tips menghadapi musim penghujan agar budidaya pepaya tetap maksimal.
  • Pengairan tanaman pepaya, mengatur kebutuhan air pada pepaya itu susah-susah gampang, anda bisa jadi patokan jangan sampai lahan budidaya tanaman pepaya sampai tergenang air, jadi buatlah bedengan yang baik, terlebih ketika memasuki musim hujan, anda harus menyiapkan dengan baik irigasi pada lahan budidaya anda, soalnya jika lokasi budidaya anda tergenang 1x24 jam, maka anda segera laporkan ke ketua RT soalnya itu berbahaya. hehehe. Tetapi benar ko, jika lahan budidaya anda sampai tergenang dalam waktu yang cukup lama, terlebih jika cara tanam anda menggunakan lubang tanam, maka anda bisa bersiap melihat pepaya anda mulai tumbang satu per satu. Jadi di sini saya menegaskan kepada anda tanpa lapor melapor yang terpenting anda harus menjaga lokasi budidaya pepaya yang anda miliki dengan baik dan penuh cinta. Sedangkan jika musim kemarau anda harus bisa memberikan air yang cukup, terlebih jika tanaman pepaya anda sudah memasuki pembungaan, pembuahan, dan pembesaran buah.
  • Pemanenan pepaya, ini juga tidak kalah penting jika anda ingin mendapatkan kualitas hasil pepaya yang baik, yaitu dengan cara anda memanen buah pepaya yang sudah tua atau memasuki 80% kematangan, yang ditandai dengan adanya warna polat kuning (minimal terlihat 1 polat) pada kulit buah pepaya.
Itulah sedikit tips dari saya kepada anda yang tertarik untuk membudidayakan pepaya calina dan anda juga bisa sukses ketika budidaya pepaya calina IPB9, anda juga bisa membaca tips saya yang lainnya pada tulisan saya tips perawatan budidaya pepaya california. Terus bagaimana caranya mendapatkan bibit pepaya unggul yang asli dikeluarkan dari pemulia bibit pepaya calina IPB9.?
"pepaya","pepaya calina ipb9","jual bibit pepaya calina ipb9 wilayah tegal"
Cara mendapatkan bibit pepaya california unggul siap tanam wilayah tegal, brebes, pemalang dan sekitarnya seperti berikut ini :
  • Anda bisa langsung ke tempat saya, jadi bisa tau langsung jenis bibit yang saya gunakan untuk menyediakan bibit bagi para pumbudidaya, kalau via foto barangkali anda beranggapan foto bisa diambil dari orang lain sebagai promosi, tapi bagi saya kejujuran dalam usaha harus jadi prioritas. Untuk alamat saya Desa Kebandingan Rt/Rw 05/02 Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal dan untuk nomer handphone 085742407542.
  • Silahkan anda berkunjung ke tempat saya dan bisa berbagi informasi tentang budidaya pepaya, dan bisa berbagi kiat-kiat sukses budidaya pepaya, khususnya pepaya calina IPB9.
  • Untuk pembelian saya rinci seperti di bawah ini :
  1. Untuk pembelian 50 – 350 batang (bibit) harga Rp. 3000 dan di ambil sendiri di tempat saya, apabila mau di antar berarti anda menyiapkan dana lagi untuk ongkos kirim.
  2. Untuk pembelian 351 - 1500 batang (bibit) harga Rp. 3000 dan saya antar sampai rumah anda atau pembeli.
  3. Untuk pembelian 1501 – sampai 3000 batang (bibit) harga bibit pepaya california Rp. 2500 dan pastinya saya antar ke tempat pembeli.
  4. Untuk pembelian 3001 bibit ke atas silahkan melakukan penawaran harga dengan saya langsung, bisa langsung ke rumah saya atau bisa via hp, bibit akan saya antar ke tempat pembeli.
Nah itulah panduan atau cara tentang bagaimana kita bisa mendapatkan bibit unggul dari saya. “Wis aja kesuwen mikir nek pengen budidaya gandul, ari kesuen mikir ngko ora jalan – jalan terus keburu kedisitan wong liya sing pesen atau tuku bibit gandul ndisiti”.

Bagi anda yang berada di luar daerah tegal, brebes, pemalang, dan pekalongan kami juga menerima pesanan dalam bentuk benih kemasan, benih yang kami jual merupakan benih pepaya california IPB9 asli yang dikeluarkan oleh IPB, jadi jika anda sedang mencari dan ingin membeli benih pepaya, kami juga menjual benih pepaya calina IPB9 asli dan bisa dipesan dari tempat manapun, baik jawa tengah, jawa timur, jawa barat, lampung, dan melayani pengiriman benih pepaya calina IPB9 ke seluruh tempat yang ada di Nusantara.

Eh yah ada yang ketinggalan, ketika anda akan memulai budidaya pepaya mungkin ada pertanyaan "berapa jarak ideal budidaya pepaya california", jika banyak yang mempertanyakan ini, maka akan saya coba berbagi pengalaman saya, saya sudah pernah menggunakan jarak tanam pepaya calina IPB9 2x2 m, 2x2.5 m, 2,5x2,5 m, dan 2,5x2,75 m, mana yang paling bagus.? kalau yang paling bagus memang semakin lebar jarak tanam maka semakin bagus, hal ini dikarenakan suplai sinar matahari bisa lebih optimal, dan jika musim penghujan tiba maka sirkulasi udara di lokasi budidaya semakin baik, ada pengalaman temen saya yang menggunakan 3x3 m, kata dia hasil yang di dapat lebih baik, buah hasilnya jadi lebih besar (biarpun masih banyak aspek lain yang mempengaruhinya) dan tidak mudah terserang penyakit secara sadis, ini dikarenakan sirkulasi udara sangat baik.

Nah dari pengalaman tersebut mengambil mudahnya untuk menyimpulkan adalah jarak yang semakin lebar jauh lebih potensional kita terapkan untuk hasil yang optimal. Akan tetapi dengan menggunakan jarak yang lebar, maka kita akan boros lahan budidaya, benar kan.? terus harus menggunakan jarak tanam berapa.? Nah, dari pengalaman saya, saya lebih suka menggunakan jarak tanam budidaya pepaya california IPB9 2.5x2.5 m, jarak tanam inilah yang sering saya gunakan. Terus bagaimana hasilnya dengan jartam tersebut.? Saya merasa puas dengan hasilnya, toh saya kan sudah menjawabnya pada pertanyaan sebelumnya, bahwa saya lebih suka menggunakan jartam ini dari pada jartam yang lainnya, jadi anda bisa menggunakan jartam kesukaan saya, atau memilih alternatif jartam yang lainnya, oke untuk tipsnya saya cukupkan dulu.

Dan untuk teknis budidaya bisa sering main ke tempat saya atau bisa via hp untuk berdiskusi menyelesaikan masalah budidaya pepaya, tapi bagi yang belum tau tentang budidaya pepaya anda bisa belajar dulu di artikel ini Cara Budidaya Pepaya Calina IPB9. Setelah anda mulai memahami tentang budidaya pepaya dan tertarik untuk mencoba “ya langsung praktekna, wong ngko ya pan belajar maning nang lapangan, karena kondisi kontur dan jenis tanah biarpun pada bae tegale dan sekitare tetep bae ana bedane, dadi kue lah ngko sing nggawe matengna njenengan nang bidang budidaya pepaya”.

Oke, saya cukupkan sampai di sini yah dalam memandu anda tentang Jual Bibit Pepaya Calina IPB9 Unggul Wilayah Tegal Dan Sekitarnya, semoga bisa bermanfaat bagi yang tertarik untuk budidaya pepaya california ipb9. Dan selamat mencoba...
This Is The Oldest Page
Facebook CommentsShowHide

0 comments