-->

Tips Menghadapi Musim Penghujan Agar Budidaya Pepaya Tetap Maksimal

Siapa yang pernah mengalami menanam pepaya banyak, terus rusak dalam waktu yang cepat saat musim penghujan.?
Siapa yang pernah mengalami disaat musim penghujan bunga pepaya banyak yang rontok alias tidak jadi buah.?
Dan petani pepaya mana yang pernah mengalami banyak kendala budidaya pepaya di kala musim penghujan.?

Kalau membaca pertanyaan di atas tadi, saya pikir banyak sekali petani atau pembudidaya pepaya mengalami kendala - kendala yang buaannnyyyaaakk sekali di musim penghujan, baik lahan budidaya pepaya hancur karena serangan penyakit yang mewabah secara cepat, bunga banyak yang rontok, atau penyimpangan buah yang seharusnya sempurna tapi berbunga petandria (riwayat dari bunga sempurna tapi dalam suatu kondisi berubah menjadi bulat atau betina, biarpun dalam bunganya masih ada benang sarinya). kendala ini banyak sekali terjadi di musim penghujan, jadi alangkah baiknya para petani benar - benar merencanakan penanaman pepaya yang baik, dimulai dari lokasi lahan ini melingkupi akses pembuangan air yang mudah di saat intensitas hujan sangat tinggi, teknik budidaya, dan masih banyak lagi yang perlu disiapkan agar bisa meminimalisir kerugian dalam budidaya pepaya saat musim penghujan.

Dari pengamatan saya selama menggeluti budidaya pepaya calina IPB9, saya bisa sedikit menyimpulkan keuntungan bagi petani pepaya yang bisa melewati atau bisa bertahan dengan baik di saat musim penghujan, dari pengamatan saya setelah intensitas hujan tinggi datang mulailah 1/1 petani pepaya berguguran, maka di situ ada peluang bagi petani pepaya yang bisa bertahan, karena secara logika pun bisa kita tebak, petani banyak berguguran berati produksi pepaya menurun, sedangkan konsumsi masyarakat tetap banyak, dan beruntunglah bagi mereka yang bisa menjaga kebunnya agar tetap bisa berproduksi sekalipun musim hujan melanda.

Dari permasalahan atau kendala yang menghadapi petani pepaya di musim penghujan dan dari pengalaman saya selama bergelut atau terjun di dunia pepaya'an atau pergandulan (nama di tempat saya) sampai sekarang, maka ijinkan saya membagi pengalaman saya kepada anda atau pembaca yang tertarik untuk budidaya pepaya california di lahan perkebunan, tips yang nanti saya berikan adalah catatan saya sendiri selama membudidayakan pepaya. tips dari saya tidak menjanjikan penuh, akan tetapi ikhtiar yang rasional bisa manusia lakukan untuk meminimalisir kerusakan budidaya pepaya saat musim penghujan. Tips menghadapi musim penghujan agar budiday pepaya tetap maksimala saya urai sebagai berikut :
"pepaya kalifornia","budidaya pepaya kalifornia","pepaya merah delima"
Tips Menghadapi Musim Penghujan Agar Budidaya Pepaya Tetap Maksimal
Pemilihan Lokasi Budidaya Pepaya
Pemilihan Lokasi Budidaya pepaya calina ipb9 atau jenis varietas yang lain bagi saya vital, apalagi bagi para pemula dalam budidaya pepaya, karena lahan adalah poin pertama sebelum melangkah ke poin - poin selanjutnya. Logikanya begini ketika anda memilih lokasi yang datar dan di tengah area persawahan, kemudian tidak ada jalur pembuangan air, bagaimana keadaannya nanti saat intensitas hujan sangat tinggi.? Bisa kebanjiran kan lahannya.? dan kalau kebun anda selama setengah hari atau lebih tergenang air/kebanjiran berarti anda harus bersiap - siap untuk kehilangan tanaman peliharaan anda, karena tanaman pepaya sangat rentan sekali terkena penyakit akibat kelebihan air, dalam hal ini kebanjiran lahannya. Saya pernah mengalami kerusakan seperti ini dalam satu lahan, jadi sebisa mungkin anda jangan mengikuti saya dalam hal ini.. hehehe..

Jangan Buat Lubang Tanam, Lebih Baik Olah Tanah Semuanya Pada Lahan Budidaya
Hal yang paling menakutkan bagi para pembudidaya pepaya adalah wabah penyakit busuk akar pada musim penghujan, dan apakah anda tau, ternyata kesalahan yang terjadi terletak pada poin - poin awal, poin tersebut adalah pembuatan lubang tanam. Logikannya begini pada lubang tanam secara teknis ketika dibuat di situ akan ada banyak bahan kompos/organik yang diberikan, dan apabila pemberiannya tidak dicampur dengan tanah maka disaat musim penghujan lubang tanam tersebut bisa menjadi kolam bagi akar pepaya, dan hasilnya saya pikir anda bisa mengetahuinya.

Kalau saran saya ketika mau memulai budidaya pepaya maka lahan yang mau dijadikan tempat budidaya pepaya calina ipb9 atau jenis varietas yang lain harus diolah tanahnya semuanya karena pola seperti ini bisa meminimalisir terjadinya penyakit pepaya, dan di samping itu banyak manfaat yang lainnya seperti lahan kita bisa mendapatkan top soil secara merata, terlebih pemberian pupuk organik juga merata pada lahan budidaya pepaya, hal ini bisa menguntungkan pertumbuhan akar yang sangat cepat.

Merapikan Bedengan dan Mendalami Saluran Air
Ketika musim penghujan melai datang maka bedengan pada tanaman pepaya di rapikan dan dalami parit atau saluran air pada lahan budidaya pepaya, harapannya saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi pembuangan air bisa lancar dan tidak sampai tergenang apalagi kebanjiran.

Pengapuran Lahan
Pada peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, biasanya tanah yang sering terkena hujan akan mengalami penurunan ph hal ini bisa mengakibatkan pertumbuhan bakteri atau mikroba negatif pada tanah tumbuh dengan pesatnya, bagi anda yang bingung bagaimana mengetahui pH tanah pada lahan, silahkan baca cara mengetahui pH tanah dengan Kunyit. apabila pH tanah turun setelah sering terkena hujan maka pengapuran harus dilakukan,tujuannya agar pH tanah bisa kembali netral.

Perawatan Tanaman
Setelah poin - poin di atas bisa anda lakukan maka tidak kalah penting adalah perawatan tanaman, perawatan tanaman melingkupi pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman pepaya. Untuk pemupukan saya sarankan kurangi penggunaan pupuk dengan unsur nitrogen (N) dan bisa memberikan penggunaan pupuk dengan unsur P dan K lebih banyak dari biasanya, dan jangan lupa pupuk mikro nya seperti kalsium dan magnesium. Untuk hama dan penyakit tanaman pepaya anda bisa menyediakan insektisida dan fungisida untuk kebutuhan tanaman pepaya anda, bagi anda yang pengen mengetahui lebih banyak tentang penyakit tanaman pepaya anda bisa membaca lebih detail tentang Penyakit tanaman pepaya disaat musim penghujan.

Penanganan Cepat Saat Ada Tanaman Yang Terserang Penyakit
Pada budidaya pepaya di musim hujan adalah musim yang bikin para pembudidaya bekerja ekstra merawat tanamannya, karena di musim penghujan dadi pengalaman saya para pembudidaya harus kejar mengejar dengan penyakit pepaya calina ipb9 atau varietas lain, karena pertumbuhan penyakit tanaman bisa begitu cepatnya menyebar, yang saya temui adalah busuk akar, busuk buah, busuk batang, dan masih ada penyakit yang lain. Saran saya apabila anda menemukan tanaman yang terkena busuk akar pada pepaya maka langsung dicabut bersih sampai ke perakarannya dan jangan sampai tanah yang terbawa tercecer di area lahan budidaya, setelah itu dibuang jauh dari lahan budidaya agar tidak menyebar terbawa oleh angin atau bisa juga dibakar tanaman yang terserang penyakit.

Busuk buah pada budidaya pepaya juga banyak menyerang disaat musim penghujan, saran saya sama pada penangan penyakit busuk akar, untuk penambahannya bisa anda lakukan pada buah yang busuk itu di pendam pada lokasi yang jauh dari lahan budidaya pepaya.

Selesai tipsnya untuk anda dari saya, itulah beberapa tips dari saya yang bisa saya berikan tentang Tips Menghadapi Musim Penghujan Agar Budidaya Pepaya Tetap Maksimal untuk anda dan pembaca, khusunya bagi para petani pepaya, semoga apa yang saya sampaikan dari tulisan kecil ini bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk share artikel ini agar bisa lebih bermanfaat lagi perannya untuk kesuksesan bersama bagi para petani pepaya. Terakhir, Jangan saling sikut antar petani, salinglah berbagi ilmu untuk kemajuan bersama petani Indonesia, karena tantangan ke depan semakin besar dan menantang..
Salam Pertanian Indonesia..!!!!
Majulah Pertanian Indonesia.!!!!
Facebook CommentsShowHide

0 comments